Monday, September 16, 2019
NewsNintendo

Pandangan Nintendo Perihal Cloud Gaming

Pandangan Nintendo Perihal Cloud Gaming
70Views

Teknologi dalam dunia game terus berkembang. Begitu juga dengan format penyajiannya. Setelah era ‘kaset’, cd dan hardisk, kini kita dihadapkan pada file digital dalam sistem operasi dan cloud gaming atau gaming on demand.

Salah satu pabrikan raksasa asal Jepang, Nintendo, nampak masih malu-malu untuk menggodok teknologi cloud gaming. Selama ini riset Nintendo masih berpegang teguh pada konsol game beserta turunannya. Bahkan, hingga saat ini Nintendo belum memiliki layanan cloud gaming yang dikelola secara mandiri. Padahal para kompetitornya seperti Google Stadia dan Microsoft  xCloud telah melangkah jauh didepan.

Pandangan Nintendo Perihal Cloud Gaming
Presiden Nintendo – Shuntaro Furukawa

Namun, arah riset Nintendo sepertinya telah bergeser. Presiden Nintendo, Shuntaro Furukawa, mulai menganggap cloud gaming sebagai lahan yang serius. “Kami tidak mengharapkan semua game akan berbasis cloud dalam waktu dekat, namun kenyataannya teknologi tersebut terus tumbuh. Kami melihat di masa depan teknologi cloud dan streaming akan semakin berkembang (dan berperan) sebagai sarana untuk mendekatkan (produk) game kepada khalayak”, ujar Furukawa seperti yang dilansir oleh theverge (5/5).

Furukawa juga memberikan sinyal bahwa arah riset Nintendo kelak akan lebih responsif dalam menghadapi perubahan yang terjadi. “Kita harus senantiasa mengikuti perubahan dalam lingkungan ini (dunia game). Karena itu, jika perubahan tersebut mampu meningkatkan populasi game di seluruh dunia, maka ini juga berarti sebuah kesempatan bagi kami untuk mengembangkan hardware dan software yang dapat terintegrasi untuk mendekatkan orang-orang di seluruh dunia melalui hiburan khas yang disajikan oleh Nintendo”, jelas Furukawa lagi.

Disisi lain, Shigeru Miyamoto, bidan yang melahirkan banyak game Nintendo seperti Mario Bros serta Donkey Kong, memandang bahwa teknologi cloud gaming dan konsol tak akan “saling bunuh”. Miyamoto mencermati cloud gaming dan konsol akan senantiasa berdampingan dan saling melengkapi karena kedua platform ini memiliki kekhasannya tersendiri. “Saya yakin kelak akan tetap ada game yang menyenangkan untuk dimainkan walau bersifat lokal dan bukan di cloud. Kami percaya, penting untuk terus menggunakan lingkungan teknis yang berbeda untuk membuat hiburan khas, yang hanya bisa dibuat oleh Nintendo”, Ungkap Miyamoto.Tentunya, sangat menarik untuk terus menantikan inovasi pada cloud gaming yang akan dihadirkan oleh Nintendo. Atau lebih tepatnya, menarik untuk menyaksikan langkah Nintendo guna berkompromi pada lintasan zaman.

(OTK)

Comments

comments

otonk nurkholis
the authorotonk nurkholis
Perantai sepi