Monday, November 18, 2019
NewsAndroidGame Console

“KOMPILASI GAME 17AN”, SEMARAK HUT RI DI ERA DIGITAL

814Views

“Hari lahirnya bangsa Indonesia, merdeka…”, itulah penggalan lirik dari lagu wajib nasional yang berjudul Hari Merdeka. Seperti diketahui bersama, negeri ini merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Saat itu, Bung Karno dan Bung Hatta tampil sebagai perwakilan dari rakyat Indonesia untuk menegaskan pada dunia bahwa negara ini sudah merdeka.

Agustus selalu memberi warna yang berbeda. Di bulan ini, kita dapat dengan mudah menjumpai deretan warna merah dan putih di seluruh penjuru negeri. Kemeriahan hadir dimana-mana. Dari upacara hingga perlombaan didapuk sebagai rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih.

“KOMPILASI GAME 17AN”, SEMARAK HUT RI DI ERA DIGITAL Banyak permainan tradisional yang akan mengisi hari kemerdekaan. Lomba Agustusan, begitu sapaan akrab yang disematkan. Bahkan, ranah digitalpun tak luput dari euforia ini.
Salah satu pengembang game lokal, Creacle Studio, mencoba mentransformasikan semangat ini dalam game besutannya. “Kompilasi Game 17an” adalah nama yang dipilih untuk game ini. “Kumpulan game-game mini untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia”, tulis Creacle dalam keterangan resminya.

Kompilasi, kata depan dari nama game ini menegaskan apa yang terkandung di dalamnya. Jadi dalam game ini gamer tidak hanya mendapatkan satu permainan saja, melainkan disuguhkan banyak permainan. “Cukup sekali download dan kamu akan mendapat kompilasi game-game seru ini”, begitu penjelasan dari Creacle.

Khalayak dapat menjumpai game-game yang terinspirasi dari permainan tradisional Indonesia. Sebut saja lomba pukul bantal, makan kerupuk, tarik tambang, dan tentu saja sang ikon lomba panjat pinang. Patut diapresiasi ketika sebuah perusahaan mampu memutakhirkan kearifan lokal yang diwariskan.

“KOMPILASI GAME 17AN”, SEMARAK HUT RI DI ERA DIGITALPermainan ini tersedia dalam beberapa tingkat kesulitan. Creacle membaginya dalam empat level, yaitu easy, medium, hard dan insane. Sebagai catatan, untuk melaju ke level selanjutnya gamer harus meraih predikat tertentu pada game yang telah dimainkan.
Dentuman lagu Hari Merdeka terdengar nyaring saat gamer menjelajah game ini. Ketika memulai permainan gamer diharuskan mengisi nama pemain guna pencatatan nilai yang berhasil diraih. Setelah itu gamer akan diarahkan pada menu yang tersedia.

Pelbagai game yang tersaji memiliki satu kesamaan, yaitu gameplay yang sederhana. Seperti balap karung misalnya, gamer hanya perlu mengendalikan laju karakter ke kiri dan kanan agar tak bertabrakan dengan peserta lainnya. Begitu juga dengan lomba memasukan paku ke dalam botol, gamer hanya perlu satu kali klik diwaktu yang tepat agar paku bisa masuk ke tempat yang dituju.

Saat permainan berlangsung lagu wajib nasional seperti Maju Tak Gentar dan Halo-Halo Bandung akan hadir sebagai pengiring. Pemilihan lagu-lagu ini tentunya menimbulkan sensasi tersendiri. Seperti timbul gejolak dalam dada yang meledak-ledak namun seketika wajah terbalut senyum saat meilihat tampilan karakter-karakter yang menghiasi.

“KOMPILASI GAME 17AN”, SEMARAK HUT RI DI ERA DIGITAL Di sisi lain, iklan kerap hadir dalam game ini. Iklan dalam game gratis memang lumrah terjadi. Namun hal ini terasa sangat mengganggu ketika iklan berformat videolah yang muncul. Persis seperti yang sering kita jumpai pada kanal youtube.

“KOMPILASI GAME 17AN”, SEMARAK HUT RI DI ERA DIGITALMeski begitu, game ini tidak membuat ponsel pintar bekerja terlalu berat. Kehadiran banyak permainan tak membuat ukuran file menjadi besar. Tak sampai 19 MB yang harus diunduh oleh gamer. Hal ini membuat ruang penyimpanan masih bisa bernafas lega. Bahkan ponsel pintar dengan spesifikasi rendahpun masih sanggup melahap game ini.
Pada sektor antarmuka, game ini tidak menawarkan sesuatu yang mengejutkan.

Tampilannya terbilang sederhana. Bahkan terkesan kurang atraktif. Namun kejelian vendor dalam menghadirkan padanan warna-warna yang mencolok patut mendapatkan pujian. Kekontrasan warna yang hadir sedikit mengingatkan kita pada game-game besutan Rovio Entertainment dan Pokemon Company.

Sejatinya, game ini sudah meluncur sejak tahun lalu. Namun jangan khawatir, karena pengembang berjanji akan terus menghadirkan game-game baru pada setiap pemutakhiran datanya. “Bakal ada game baru di setiap updatenya lho”, tutup Creacle.
(OTK/KCK)

Comments

comments

otonk nurkholis
the authorotonk nurkholis
Perantai sepi