Wednesday, May 22, 2019
ReviewsAndroidGame ConsoleiOS

Ketika Magikarp Menjadi Pusat Perhatian

429Views

Para penggemar Pokemon tentu tak asing dengan sosok Magikarp. Monster ikan dengan tampilan lucu tersebut kini menjelma menjadi tokoh utama. The Pokemon Company selaku pengembang secara resmi merilis game Pokemon: Magikarp Jump pada bulan Mei 2017 lalu.

Ketika Magikarp Menjadi Pusat PerhatianDinamakan Magikarp Jump karena game ini hanya berfokus pada satu pokemon saja, yaitu Magikarp. Sepanjang permainan gamers akan terus berinteraksi dengan Magikarp. Gamers pun tak diwajibkan berkeliling kota guna berburu monster-monster impian. Jadi, gamers jangan membayangkan alur yang sama seperti game Pokemon GO yang fenomenal tahun lalu.

Magikarp sendiri digambarkan sebagai pokemon yang lemah dan tak bisa diandalkan. Setiap kali muncul monster ini hanya bisa menggelepar dan bergoyang-goyang. Hal ini diakibatkan karena secara genetis Magikarp terlahir dengan kemampuan attack dan special attack yang rendah. Kemampuan movepoolnya pun sangat terbatas. Lebih mencengangkan lagi, meskipun bertipe monster air namun Magikarp bisa hanyut dan terbawa gelombang arus air karena otot-ototnya yang lemah.

Anatomi tubuhnya pun terbilang unik, yaitu ikan yang memiliki mahkota dan sepasang kumis panjang. Ajaibnya mulut Magikarp selalu terbuka dan matanya akan terbelalak dengan pancaran tatapan kosong.

Ketika Magikarp Menjadi Pusat Perhatian
Terdapat cerita menarik yang mengiringi Magikarp Jump. Dikisahkan dahulu kala ada sebuah desa yang terkenal dengan Magikarpnya. Magikarp di desa tersebut memiliki kemampuan melompat yang baik. Penduduk desa tersebut rutin menggelar pertandingan adu lompat Magikarp. Kemeriahan ini terdengar hingga ke desa-desa lainnya. Namun, karena sebuah alasan tertentu para penduduk enggan melatih Magikarpnya lagi. Keadaan ini membuat Magikarp nyaris punah.

Alur kisah tersebut mengerucutkan gamers pada satu misi: membuat Magikarp mampu melompat kembali. Dalam game ini gamers akan didapuk sebagai pelatih, agar Magikarp menjadi pemenang dalam kejuaraan melompat.

Kejuaraan ini berlangsung dengan sistem liga. Gamers akan bertanding satu lawan satu. Tentunya dengan Magikarp sebagai jagoannya. Aturan pertandingan sangat sederhana, siapa yang melompat lebih tinggi itulah pemenangnya.

Ketika Magikarp Menjadi Pusat Perhatian

Mula-mula gamers harus mendapatkan Magikarp dengan cara memancing. Setelah itu gamers akan terus merawat dan melatihnya agar bisa mengikuti pertandingan. Namun yang harus diperhatikan adalah Jump power (JP) yang dimiliki oleh Magikarp agar mampu tampil kompetitif. Setiap pertandingan yang dilalui akan membuat Magikarp semakin kuat. Selain itu, makanan yang disebar dalam kolam sangat berpengaruh pada peningkatan JP Magikarp.

Tugas lain dari pelatih adalah menjaga agar Magikarp tidak dicuri. Pidgeotto sebagai pokemon udara memainkan tokoh antagonis dalam peristiwa ini. Jika hal tersebut sampai terjadi maka pelatih harus menangkap Magikarp lain dan mengulang kembali semuanya dari awal.

Dalam game ini disertakan juga pokemon pendamping. Pokemon ini akan menjadi rekan Magikarp di luar permukaan air. Pokemon pendamping didapat sebagai reward. Pokemon pendamping juga mampu membantu meningkatkan JP Magikarp. Pikachu menjadi salah satu karakter yang berpartisipasi sebagai pokemon pendamping.

Magikarp Jump dapat dikatakan sebagai hiburan ringan diwaktu luang. Gamers bisa memainkannya disela aktivitas yang padat. Tentu berbeda dengan Pokemon Go yang membutuhkan dedikasi dan konsentrasi tinggi.

Meski memiliki gameplay yang sederhana namun Magikarp Jump tetap menyenangkan untuk dinikmati. Alunan musik ala Pokemon klasik mampu menuntun gamers untuk bernostalgia. Kontrol permainan yang mudah juga menjadi kelebihan tersendiri.

Nilai tambah lainnya adalah Magikarp Jump memiliki grafis yang cukup memukau. Terdapat padu padan warna yang kontras namun sedap dipandang. Efek 3D juga tak lupa disajikan pada permukaan layar ponsel pintar. Hal ini sepertinya telah menjadi ciri khas dari game-game besutan The Pokemon Company.

Magikarp Jump dapat diunduh secara cuma-cuma di App Store dan Google Play store. Tersedia juga mikro transaksi jika ingin mendulang diamonds and pack.

Kebosanan bisa saja menghatui gamers saat memainkan game ini. Namun peluang untuk ketagihan dan munculnya rasa penasaran juga tak bisa disepelekan. Jump, Magikarp, Jump!
(OTK/KCK)

Comments

comments

otonk nurkholis
the authorotonk nurkholis
Perantai sepi