Monday, August 26, 2019
News

Keanu Reeves, Cyberpunk 2077 dan ‘Bumbu’ Hollywood dalam Game

Keanu Reeves, Cyberpunk 2077 dan ‘Bumbu’ Hollywood dalam Game
114Views

Jack Traven, Neo, Alex Wyler, John Wick atau dengan sebutan apapun Anda mengenalnya, yang pasti selalu memiliki pesona tersendiri. Pesonanya kuat nan memikat. Aktor yang dikenal rendah hati ini seolah tak pudar diterpa letupan waktu. Di Usianya yang kini telah berkepala lima, kembali membuat gebrakan dengan perannya dalam .

Keanu Reeves, Cyberpunk 2077 dan ‘Bumbu’ Hollywood dalam Game
Keanu Reeves, Cyberpunk 2077 dan ‘Bumbu’ Hollywood dalam Game

Beberapa waktu lalu game Cyberpunk 2077 baru saja memukau publik lewat trailernya yang ditampilkan pada ajang Electronic Entertainment Expo di Amerika Serikat. Game ini memang telah lama dinanti kehadirannya, namun yang membuatnya mendapat banyak sorotan publik adalah kehadiran sang pria penuh magis, Keanu Reeves. 

Kemunculan Keanu Reeves selama sepuluh detik sontak menggemparkan jagat maya, dan juga jagat nyata. Keanu Reeves divisualisasikan sebagai pria maskulin yang memiliki satu tangan robot. Tokoh ini bernama Mr Fusion. Sayangnya belum ada informasi yang memadai perihal karakter dari tokoh ini. Entah sebagai musuh, teman, atau hanya penggembira semata.

Kemunculan Keanu Reeves selama sepuluh detik sontak menggemparkan jagat maya, dan juga jagat nyata.
Kemunculan Keanu Reeves selama sepuluh detik sontak menggemparkan jagat maya, dan juga jagat nyata.

Cyberpunk 2077 sendiri merupakan permainan bergenre Role Playing Game (RPG). Latar belakang game ini adalah sebuah kota di masa depan yang telah mengadopsi banyak teknologi canggih namun dengan kondisi dan situasi yang kelam, dipenuhi kriminal, serta sarat akan tindak kekerasan. Tak jarang kita akan menemui karakter seperti peretas atau penjahat yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Sepintas hampir menyerupai Kota Gotham, hanya saja dengan kondisi yang lebih modern.

Cyberpunk 2077 sejatinya memiliki dasar cerita fiksi ilmiah. Dalam permainan ini gamers akan mengendalikan tokoh V. Gamers diberi keleluasaan untuk melakukan perubahan tertentu pada karakter (kustomisasi), memiliki banyak pilihan senjata, dan peningkatan kemampuan bertarung. Terdapat setidaknya enam area dengan ciri khas tersendiri dalam game ini.

Meski terkesan brutal dan penuh adegan baku tembak seperti game GTA dan Fallout, namun dalam Cyberpunk 2077 terdapat sebuah peraturan yang tegas, yaitu gamers tak diperbolehkan menyakiti anak-anak dan karakter NPC penting. Kabar ini dapat kita jumpai dalam tangkapan layar yang dibagikan oleh warganet. “You won’t be able to attack children or NPCs connected with the plot but other than that you can be aggressive towards most people ypu meet”, tulis Cyberpunk 2077. Peraturan ini terbilang unik dan langka untuk game semacam ini, banjir peluru namun masih menjunjung nilai kemanusiaan.

Terdapat hal menarik lainnya dalam game Cyberpunk 2077, kali ini bukan persoalan teknis melainkan pernyataan Keanu Reeves yang mungkin bertolak belakang dengan banyak orang. Keanu Reeves beranggapan bahwa kehadiran aktor atau artis Hollywood dalam dunia game tidak diperlukan jika hanya bertujuan untuk membuat citra positif (keren). “Video game sama sekali tidak perlu menggunakan jasa artis Hollywood agar terlihat hebat. Jika memang keduanya harus saling berhubungan, hal tersebut lebih tepat jika dinilai dengan kondisi yang berkebalikan. Video game dewasa ini justru telah memberi pengaruh untuk dunia Hollywood”, tegas Keanu Reeves dalam wawancara yang disiarkan oleh BBC. Lebih jauh Keanu Reeves mencontohkan tentang tokoh atau karakter film-film yang lahir pada masa kini telah mampu “dimanipulasi” performanya, bentuk fisik, garis waktu dalam cerita film, dan tentunya hal-hal seperti ini juga terdapat dalam teknologi yang terkandung dalam video game.

Jika menilik ke belakang, kemunculan artis Hollywood dalam video game bukanlah sesuatu yang baru. Kita tentu ingat jika nama-nama beken seperti Kevin Spacey, Bruce Lee, atau Kim Kardashian juga pernah menghiasi layar video game. Jika dilihat dari kacamata pemasaran, langkah ini tentunya cukup menjanjikan potensi keuntungan. Strategi menggandeng artis Hollywood terbilang sah-sah saja dan sangat menarik untuk diterapkan. 

Pernyataan Keanu Reeves yang di luar dugaan bisa jadi sebagai penegas jika dunia game telah memiliki khalayaknya sendiri. Namun harus disadari pula bahwa kehadiran Keanu Reeves dalam Cyberpunk 2077 telah menjadi pegas guna mendapuk popularitas dan melambungkan citra positif game ini. Daya magnet Keanu Reeves sejatinya telah mampu menjaring perhatian khalayak dari luar dunia game.

Sebagai informasi penutup, Microsoft melalui laman resminya telah menetapkan tanggal 16 April 2020 sebagai waktu peluncuran Cyberpunk 2077. Game ini rencananya akan berjalan dalam platform PC, Xbox, dan Sony PS4. Untuk diketahui, layanan Steam telah membuka pre-order untuk Cyberpunk 2077 dengan harga Rp699.000.

(OTK/MSY)

Comments

comments

otonk nurkholis
the authorotonk nurkholis
Perantai sepi