Monday, September 16, 2019
NewsFeatured

Discord VS TeamSpeak?

Kali ini GeserDikit.com mencoba memberikan sedikit gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Discord dan TeamSpeak. Kamu pilih yang mana?
1.69KViews

Generasi online tidak dapat dipisahkan dengan adanya komunikasi, di dalam sebuah permainan mode biasanya menyediakan fitur push to talk. Tapi fitur ini biasanya di gunakan untuk berbicara keseluruhan tim kita di dalamnya, dan sangat tidak efektif, karena harus menekan satu tombol dulu untuk berbicara, dan acap kali mengalami gangguan suara di karenakan koneksi menggunakan server dari game tersebut.

Mengatasi masalah tersebut banyak muncul aplikasi voice call group bermunculan di antaranya adalah Team Speak, Skype, Xfire, Mumble, Roger Wilco, discord dll. Tapi di antara brand-brand besar itu hanya beberapa yang bertahan atau lebih tepatnya banyak penggunanya.

telah rilis dari tahun 2001, tapi hanya di gunakan kalangan tertentu, belum banyak yang mengenal aplikasi ini. Dari awal peluncuranya platform ini memang mentargetkan multiplayer game sebagai penggunanya.

Pengembang berhasil dengan misinya dan melakukan apa yang pada saat itu mustahil di lakukan, yaitu memperbaiki kualitas dari voice chat. Team speak bahkan dapat mengurangi pengunaan bandwith. Aplikasi ini menggunakan metode server, untuk masuk ke dalam sebuah room, kita harus memilih servernya terlebih dahulu, apabila ingin mempunyai server sendiri, kamu bisa membayar sebesar Rp50.000 perbulan. Tidak perlu repot untuk membeli server, karena di dalamnya sudah banyak server yang kita bisa join.

Tahun 2015 Discord muncul yang tak kurang lebih hampir sama dengan pendahulunya. Interface yang cukup baik di tawarkan oleh aplikasi ini. Adanya bot di dalamnya layaknya seperti “telegram” menjadi voice call lebih menarik. Yang lebih menarik di sini, room bersifat private, dan mudah untuk di bagikan, hanya dengan membagikan link saja sudah bisa mengajak rekan-rekan permainan bergabung. Walaupun discord sebenarnya di rancang untuk game, yang langsung terkonek pada , apabila kamu sedang memainkan sebuah game, maka status kamu akan berubah sesuai judul yang di mainkan, layaknya pada fitur chat .

Yang lebih menarik dari sini adanya fitur chat yang lebih mudah di bandingkan TeamSpeak. Adanya percakapan langsung layaknya apliksi pesan pada umumbya memudahkan untuk berbagi text, link dan file digital membuat discord lebih enak digunakan bukan hanya untuk game, melainkan melakukan pekerjaan bersama juga akan lebih mudah.

Kekurangan dari Discord, terkadang suara kurang jelas terdengar, hal ini di karenakan bandwith yang di gunakan lebih besar ketimbang TeamSpeak.

Sebenarnya apapun pilihanya hal ini merupakan kenyamanan. Jadi Discord atau TeamSpeak?

(FRZ)

Comments

comments

Alfharis Magandhi
Anak Bawang + Blogger Wanna-Be