Wednesday, May 22, 2019
News

AKHIR PERJALANAN NINTENDO MIITOMO

Nintendo kembali memberi kejutan diawal tahun ini. Namun, kali ini kejutan tersebut terasa sangat menyesakkan.

429Views

Nintendo kembali memberi kejutan diawal tahun ini. Namun, kali ini kejutan tersebut terasa sangat menyesakkan. Akhir Januari lalu Nintendo secara resmi mengumumkan akan menutup salah satu layanan gamenya, Miitomo.

smartphone_miitomo_nintendo
Kami akan mengakhiri layanan Miitomo pada tanggal 9 Mei 2018 pukul 12.00 (PDT). Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan sejak pertama kali aplikasi ini meluncur”, tulis Nintendo dalam laman resmi Miitomo. Jadi, terhitung sejak tanggal terebut seluruh fasilitas dan fitur dalam game ini tidak akan berfungsi. Penutupan layanan juga mencakup jejaring sosial yang biasa digunakan oleh para gamers untuk berinteraksi.

Sejatinya Nintendo telah memulai penutupan ini secara perlahan. Satu persatu akses mulai dihilangkan. Diantaranya adalah penutupan kegiatan mikro transaksi pada akhir Januari lalu. “Penjualan koin Miitomo telah berakhir sejak tanggal 24 Januari 2018”, tegas Nintendo.

Untuk diketahui, seluruh item yang berhasil didapat dalam permainan nantinya tidak bisa digunakan lagi. Kebijakan ini juga mencakup pakaian, wallpaper, poster dan seluruh data percakapan. Namun gamers dapat melakukan migrasi karakter dalam akun Nintendo yang telah terhubung dengan Miitomo.

Nintendo juga menyarankan gamers untuk “menyelamatkan” foto-foto yang telah diunggah ke media sosial. Hal ini diakibatkan karena layanan Mii Fotos juga akan ditutup. Icon bertema Miitomo yang digunakan pada akun game Super Mario Run juga akan dihilangkan.

Sebagai informasi, Miitomo adalam game mobile pertama besutan Nintendo. Miitomo melaju di lajur Android dan IOS. Game ini meluncur pertama kali pada tahun 2016 di Jepang.

Diawal kemunculannya Miitomo sempat menarik perhatian karena game playnya yang unik, yaitu mengusung cerita tentang simulasi kehidupan layaknya The Sims yang dibidani oleh Electronic Arts. Karakter Miitomo yang disebut “Mii” akan berinteraki bersama gamers. Mii akan terus bertanya dan gamers diharuskan untuk menjawab.

Pertanyaan–pertanyaan yang muncul bersifat cukup personal. Mii biasanya akan bertanya tentang pilihan, kesukaan dan bahkan perasaan. Nantinya jawaban-jawaban ini akan disimpan oleh Mii dan akan digunakan kembali sebagai acuan data. Gamers akan mendapat poin setiap menjawab pertanyaan. Poin ini nantinya bisa digunakan untuk membeli item tambahan.

AKHIR PERJALANAN NINTENDO MIITOMO
Sebagai salam perpisahan Miitomo mengadakan sebuah acara yang bertajuk “Miitomo The Final Thank You Festival”. Acara ini berlangsung sejak bulan Januari hingga waktu penghentian layanan tiba. Koin gratis, berbagi foto dan kenangan di media sosial menjadi agenda utamanya. “Waktu bermain bersama Miitomo hanya tinggal sebentar lagi, ayo manfaatkan dengan turut berpartisipasi dalam acara ini!”, tutup Miitomo.

(OTK)

Comments

comments

otonk nurkholis
the authorotonk nurkholis
Perantai sepi